Autodesk License ManagementAutodesk Inventory Tool (Indonesian - bahasa)Network License Server (Server Lisensi Jaringan)Network License Server Report Log Setup (Konfigurasi Log Laporan Server Lisensi Jaringan)

Network License Server Report Log Setup (Konfigurasi Log Laporan Server Lisensi Jaringan)

Gambaran Singkat

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menemukan file lisensi dan mengaktifkan pencatatan laporan di server lisensi jaringan Anda. Perhatikan bahwa prosedur ini perlu diulangi semua server lisensi jaringan di lingkungan Anda. Video ini menjelaskan proses yang diuraikan di bawah untuk kemudahan Anda.

Menemukan file lisensi

Menemukan file lisensi adalah proses mudah yang melibatkan penggunaan utilitas LMTOOLS. Alat bantu dapat ditemukan di salah satu banyak lokasi, namun biasanya terletak di C:\Program Files\Autodesk Network License Manager. Jika Anda tidak dapat menemukan LMTOOLS, cukup lakukan pencarian untuk lmtools.exe. Setelah ditemukan, lakukan hal berikut:

  • Klik dua kali lmtools.exe untuk mengaktifkannya
  • Buka tab Config Services (Layanan Konfigurasi)
  • Dapatkan jalur file lisensi dari bidang Path to the license file (Jalur ke file lisensi)

Membuat file pilihan untuk mengaktifkan pelaporan

Dengan menggunakan Windows Explorer, telusuri direktori tempat Anda menemukan file lisensi (di atas). Jika Anda melihat file yang ada bernama adskflex.opt, lihat bagian di bawah ini yang bernama Appending an options file to enable reporting (Menambahkan file pilihan untuk mengaktifkan pelaporan). Jika Anda tidak melihat file yang ada bernama adskflex.opt, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik tombol Mulai, ketik notepad, lalu klik OK
  • Salin dan tempel teks berikut ke file: REPORTLOG +"C:\Program Files\Autodesk Network License Manager\report.rl"

Jalur di atas tidak wajib dan mungkin tidak berlaku untuk lokasi pemasangan Anda. Anda dapat menempatkan log laporan di mana pun dalam sistem file lokal. Jika jalur tidak berisi ruang, tanda kutip tidak diperlukan di sekitar jalur.

Simpan file sebagai adskflex.opt di direktori yang sama sebagai file lisensi Autodesk Anda.

PENTING: File harus disimpan di direktori yang sama sebagai file lisensi

Penting untuk diingat bahwa Anda harus mengubah drop down Save as type (Simpan sebagai jenis)ke All Files (Semua File), sehingga tidak akan menyimpannya dengan ekstensi TXT. Jika file berisi ekstensi TXT, tidak akan berfungsi

Menambahkan file pilihan untuk mengaktifkan pelaporan

Dengan menggunakan Windows Explorer, telusuri direktori tempat Anda menemukan file lisensi (di atas). Jika Anda tidak melihat file yang ada bernama adskflex.opt, lihat bagian di atas yang disebut Creatingan options file to enable reporting (Membuat file pilihan untuk mengaktifkan pelaporan). Jika Anda melihat file yang ada bernama adskflex.opt, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik kanan adskflex.opt, lalu pilih Buka dengan…
  • Pilih Notepad dari daftar, lalu klik OK
  • Klik Edit, lalu pilih Find… (Temukan…)

Ketik REPORTLOG, lalu klik OK. Jika tidak ada hasil yang ditemukan, lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika sintaks ditemukan, log laporan sudah dikonfigurasi. Verifikasi bahwa log ada di sistem file di lokasi yang ditentukan. Jika ada, tidak diperlukan langkah tambahan.

  • Salin dan tempel teks berikut ke akhir file: REPORTLOG +"C:\Program Files\Autodesk Network License Manager\report.rl"

Jalur di atas tidak wajib dan mungkin tidak berlaku untuk lokasi pemasangan Anda. Anda dapat menempatkan log laporan di mana pun dalam sistem file lokal. Jika jalur tidak berisi ruang, tanda kutip tidak diperlukan di sekitar jalur.

  • Simpan file

Menerapkan file pilihan

Untuk menerapkan file pilihan baru atau menerapkan perubahan ke file pilihan yang ada, Anda harus memulai ulang layanan server lisensi (bukan server itu sendiri). Membaca ulang file lisensi saja tidak cukup.

  • Buka LMTOOLS (lihat langkah di atas untuk menemukan lmtools.exe), lalu buka tab Stop/Start/Reread (Hentikan/Mulai/Baca Ulang)
  • Klik Stop Server (Hentikan Server), tunggu 5-10 detik, klik Start Server (Mulai Server)
  • Verifikasi bahwa file pilihan sekarang sedang digunakan dan log laporan dimulai dengan membuka tab Config Services (Layanan Konfigurasi), lalu klik View Log… (Lihat Log…)yang ada di sebelah kanan Path to the debug log file (File log jalur menuju debug)
  • Anda akan melihat sesuatu yang mirip dengan berikut ini:

Kedua jalur mungkin mencerminkan lokasi yang berbeda, tergantung pada file lisensi dan/atau lokasi laporan

PENTING

LANGKAH 1: Berikan salinan log debug kepada perwakilan Autodesk atau Mitra Autodesk untuk mengkonfirmasi bahwa log laporan telah dimulai.

LANGKAH 2: Izinkan log laporan berjalan minimal 10 hari sebelum memberikannya dan salinan file lisensi (jalur yang diperoleh sebelumnya) ke perwakilan Autodesk atau Mitra Autodesk. Beri nama log laporan dan file lisensi dengan nama server.

Contoh:

Log laporan: server1234_report.rl

File lisensi: server1234_license.lic