Scheduled Scan - Agentless (Pemindaian Terjadwal - Tanpa Agen)

Tombol Schedule (Jadwal) di bilah tugas pada tab Scan (Pemindaian) mengaktifkan pilihan penemuan dan pemindaian yang saat ini dikonfigurasi untuk ditambahkan sebagai pemindaian tambahan di Scheduler (Penjadwal). Tombol Schedule (Jadwal) menjadi aktif bila pilihan penemuan dan autentikasi yang valid telah dimasukkan.  

Untuk mengonfigurasi dan mengelola jadwal, pilih tab Scheduler (Penjadwal) untuk membuka ruang kerja Scheduler (Penjadwal).  

Ruang Kerja Penjadwal

Ruang kerja Scheduler (Penjadwal) dapat digunakan untuk mengonfigurasi dan mengelola pemindaian terjadwal. Pemindaian terjadwal dilakukan menggunakan Windows Task Scheduler (Penjadwal Tugas Windows), yang memungkinkan pemindaian berjalan saat AIT sendiri tidak berjalan. 

Ada lima bagian dalam ruang kerja Scheduler (Penjadwal): 

  • Taskbar (Bilah Tugas) – mencakup beberapa tombol untuk mengeluarkan tindakan 
  • Task Configuration (Konfigurasi Tugas) – ini untuk mengonfigurasi jadwal saat pemindaian terjadi 
  • Output Location (Lokasi Output) – ini untuk mengonfigurasi jalur output bagi log dan ekspor 
  • Scans Grid (Kisi Pemindaian) – ini berisi daftar pemindaian yang telah ditambahkan ke penjadwal 
  • (Status Bar) Bilah Status – ditampilkan di bagian bawah ini menampilkan status penjadwal saat ini 

 Berikut ini menunjukkan contoh ruang kerja Scheduler (Penjadwal): 

Pemindaian ditambahkan ke penjadwal dari tab Scan (Pemindaian) dengan mengklik item bilah tugas Schedule (Jadwal). Saat pemindaian yang valid telah dikonfigurasi, pemindaian yang ditambahkan dapat dilihat pada kisi di ruang kerja Jadwal. 

Setelah perubahan dibuat, seperti menambahkan atau menghapus pemindaian terjadwal dan mengubah jadwal atau lokasi output, tombol Save (Simpan) harus diklik untuk menyimpan konfigurasi baru. Mengklik item bilah tugas Save (Simpan) akan  meminta kredensial pengguna untuk digunakan. Ini adalah kredensial yang akan menjalankan tugas terjadwal, dan pengaturan defaultnya adalah pengguna yang saat ini masuk: 

Masukkan kredensial yang valid, lalu klik OK untuk menyimpan konfigurasi dan memperbarui skrip yang dihasilkan serta tugas Windows Task Scheduler (Penjadwal Tugas Windows). 

Tugas terjadwal akan muncul dalam Windows Task Scheduler (Penjadwal Tugas Windows) dengan nama Autodesk_AIT: 

Konfigurasi Tugas

Bagian Task Configuration (Konfigurasi Tugas) dapat digunakan untuk menjadwalkan hari pemindaian dilakukan, waktu mulai, dan seberapa sering diulang pada hari itu. 

(Pengaturan defaultnya adalah berjalan selama hari kerja, dimulai pukul 10 pagi, dan diulangi setiap lima jam untuk jangka waktu 6 jam. Pengaturan ini memiliki efek berjalan pada hari Senin-Jumat pukul 10.00 dan 15.00)

Expires on (kedaluwarsa pada) adalah tanggal saat Scheduled Task (Tugas Terjadwal) akan dinonaktifkan, yang memungkinkan tanggal berakhir ditentukan untuk jadwal.

Tombol bilah tugas Default dapat digunakan untuk mengatur ulang jadwal ke default, dan tombol Revert (Kembali) akan membatalkan perubahan yang belum disimpan.

Untuk melakukan perubahan pada konfigurasi tugas, tombol Save (Simpan) harus digunakan.

Lokasi Output

Output Location (Lokasi Output) dapat digunakan untuk memilih folder tempat file log dan ekspor ditulis. Dengan pengaturan default ke folder tempat DataStore, Anda dapat mengubahnya dengan langsung memasukkan jalur atau mengklik ikon folder dan memilih folder.

Mencentang kotak pada pilihan 'Export after scan is complete' (Ekspor setelah pemindaian selesai) akan menyebabkan ekspor lengkap dilakukan setelah pemindaian terjadwal selesai.

Untuk melakukan perubahan ke lokasi output, tombol Save (Simpan) harus digunakan.

Kisi Pemindaian

Scans Grid (Kisi Pemindaian) di bagian tengah ruang kerja Scheduler (Penjadwal) memperlihatkan semua pemindaian yang baru saja ditambahkan ke jadwal, dengan menunjukkan status pengaktifan, metode penemuan, nilai penemuan, dan kredensial yang digunakan.

Jika pemindaian perlu dinonaktifkan sementara, Anda dapat menghapus centang pada kotak 'Enabled' (Diaktifkan) untuk pemindaian tertentu. Tidak ada cara langsung untuk mengedit pemindaian. Jika perubahan diperlukan, pilih pemindaian terkait, klik tombol Remove Scan (Hapus Pemindaian) di bilah tugas untuk menghapusnya, lalu tambahkan kembali di ruang kerja Scan (Pemindaian).

Untuk melakukan perubahan ke lokasi output, tombol Save (Simpan) harus digunakan.

Bilah Alat Bantu

Toolbar (Bilah Alat Bantu) berisi tombol perintah yang dapat digunakan untuk memulai tindakan tertentu.

  • Save (Simpan) – ini akan menyimpan perubahan dan memperbarui Windows Scheduled Task (Tugas Terjadwal Windows) serta meminta kredensial untuk menjalankan tugas.
  • Revert (Kembali) – ini akan membatalkan semua pengeditan yang telah dibuat sejak Penyimpanan terakhir. Diaktifkan saat ada perubahan yang belum disimpan.
  • Default – ini akan mengatur ulang semua pengaturan ke default.
  • Remove Scan (Hapus Pemindaian) – ini akan menghapus pemindaian yang dipilih dari kisi.
  • Run (Jalankan) – ini akan memulai dengan tugas terjadwal Windows. Diaktifkan saat pemindaian sedang tidak berjalan.
  • Stop (Hentikan) – ini akan menghentikan tugas terjadwal Windows yang sedang berjalan. Diaktifkan saat pemindaian sedang berjalan.
  • Delete Task (Hapus Tugas) – ini akan menghapus tugas terjadwal dari Windows Task Scheduler (Penjadwal Tugas Windows). Mengklik Save (Simpan) akan membuat ulang tugas tersebut. Diaktifkan bila tugas dibuat.

Bilah Status

Status Bar (Bilah Status) menampilkan status tugas terjadwal saat ini.

Teks besar di sebelah kiri menunjukkan status utama, sedangkan nilai lainnya memerinci waktu pemindaian terakhir dijalankan, berhasil atau tidaknya pemindaian terakhir dijalankan, dan waktu pemindaian berikutnya akan dijalankan.