Autodesk License ManagementAutodesk Inventory Tool (Indonesian - bahasa)Scan Methods (Metode Pindai)Ad Hoc Agentless Inventory Scan (Pemindaian Inventaris Tanpa Agen Ad Hoc)

Ad Hoc Agentless Inventory Scan (Pemindaian Inventaris Tanpa Agen Ad Hoc)

Pemindaian inventaris tanpa agen ad hoc dapat dijalankan secara langsung dari ruang kerja Scan (Pemindaian) dalam antarmuka pengguna AIT. Terdapat 3 bagian di ruang kerja Scan (Pemindaian):

Metode Penemuan

Metode Penemuan menentukan cara perangkat komputer akan ditemukan di jaringan. Setiap perangkat yang ditemukan akan di-ping untuk menentukan jika perangkat tersebut saat ini aktif di jaringan, dan apakah akan disertakan dalam pemindaian.

Metode penemuan yang tersedia dijelaskan di bawah ini.

Active Directory

Metode penemuan Active Directory akan mengambil perangkat yang terdaftar dengan domain Active Directory. Dalam bidang Active Directory, masukkan nama domain, alamat IP salah satu pengontrol domain, atau OU (Organizational Unit) tertentu. Nama domain dapat berupa nama DNS atau NetBIOS domain. Misalnya:

Nilai
Keterangan
acmecorp.local Nama DNS domain
acmecorp Nama NetBIOS domain
10.211.55.10 Alamat IP salah satu pengontrol domain dalam domain
CN=Computers,DC=acmecorp,DC=local OU dan OU turunannya yang ditetapkan

Rentang IP

Metode penemuan Rentang IP memungkinkan AIT mendeteksi perangkat aktif dalam rentang jaringan yang ditentukan. Deteksi dilakukan dengan melakukan ping setiap alamat IP dalam rentang dan termasuk semua alamat IP yang menerima respons. IP Range (Rentang IP) diberikan sebagai alamat IP From (Dari) dan To (Hingga). Misalnya:

10.211.55.1-10.211.55.255

AIT akan mencoba melakukan ping ICMP ke setiap alamat IP, dan jika ada respons, alamat IP akan disertakan dalam pemindaian inventaris. Jika tidak dikonfigurasikan untuk memungkinkan permintaan gema ICMP, lingkungan Anda perlu dikonfigurasikan agar dapat menggunakan metode ini. Informasi lebih lanjut untuk mengaktifkan pilihan ICMP melalui Kebijakan Grup dapat ditemukan di sini: https://docs.microsoft.com/en-us/windows/security/threat-protection/windows-firewall/create-an-inbound-icmp-rule

Daftar Perangkat

Metode penemuan Daftar Perangkat memungkinkan daftar perangkat yang akan dipindai dengan menyediakan file teks yang berisi daftar nama perangkat atau alamat IP. File teks harus memiliki satu nama perangkat atau alamat IP per baris. Misalnya, dengan file bernama computers.txt:

ACMEPC01

ACMEPC02

ACMEPC03

10.211.55.32

Perangkat Tertentu

Metode penemuan Specific Device (Perangkat Tertentu) memungkinkan setiap perangkat dipindai dengan memasukkan nama perangkat atau alamat IP-nya. Nilai default adalah localhost yang akan digunakan untuk memindai komputer yang menjalankan AIT. Nilai dapat diganti dengan nama atau alamat IP perangkat yang akan dipindai.

Autentikasi

AIT akan menggunakan autentikasi yang dikonfigurasi untuk kedua penemuan, seperti berkomunikasi dengan Active Directory, dan untuk memindai perangkat yang ditemukan melalui WMI. Dengan demikian, kredensial yang digunakan harus memiliki izin untuk menemukan perangkat dan melakukan inventaris perangkat.

Dua pilihan autentikasi adalah:

  • Windows Integrated (Terintegrasi Windows): Gunakan kredensial pengguna yang digunakan untuk masuk, ini adalah pengguna yang menjalankan aplikasi.
  • Credentials (Kredensial): Gunakan satu rangkaian kredensial masuk Windows terpisah untuk memindai perangkat. Rangkaian ini umumnya merupakan akun domain yang memiliki izin relevan untuk semua aset yang akan diinventarisasi. Format yang sesuai untuk User Name (Nama Pengguna) adalah domain\username. Misalnya:

Memulai Pemindaian

Untuk memulai pemindaian inventaris tanpa agen ad hoc, klik tombol Start (Mulai):

Saat melakukan pemindaian menggunakan salah satu metode penemuan yang dijelaskan di atas, penyimpanan data akan dikosongkan, karenanya tab View (Tampilan) tidak akan berisi data hingga pemindaian selesai dan penyimpanan data dimuat ulang.

Progres pemindaian akan ditampilkan di jendela Scan Log (Log Pemindaian), dengan entri terbaru di bagian bawah. Setelah selesai, Scan Log (Log Pemindaian) akan menampilkan:

Scan Complete - Reloading Data Store (Pemindaian Selesai - Memuat Ulang Penyimpanan Data)

Reload Complete (Pemuatan Ulang Selesai)

Aset yang telah diinventarisasi dalam waktu 7 hari terakhir tidak akan dipindai ulang, kecuali jika Anda mencentang kotak Force Rescan (Paksa Pemindaian Ulang).