Features (Fitur)

Informasi berikut memberikan gambaran singkat tentang berbagai fitur yang tersedia dalam Autodesk Inventory Tool.

AIT dapat menemukan perangkat menggunakan salah satu metode berikut:

  • Active Directory: Perangkat diambil dari Active Directory atau dari Organizational Units yang ditentukan
  • Rentang alamat IP: Perangkat yang terdeteksi dalam rentang alamat IP atau alamat jaringan CIDR yang ditentukan
  • Daftar perangkat: Daftar nama perangkat yang disediakan dalam file teks sederhana
  • Satu perangkat: Perangkat bernama terpisah

AIT mengumpulkan informasi berikut dari perangkat Windows:

  • Informasi konfigurasi dan perangkat keras perangkat
  • Informasi Sistem Operasi Windows
  • Perangkat lunak Autodesk terinstal (Penginstalan MSI)
  • Log penginstalan/penghapusan instalan perangkat lunak untuk perangkat lunak Autodesk
  • Data lisensi untuk perangkat lunak Autodesk
  • Data yang terakhir digunakan untuk perangkat lunak Autodesk

AIT menggunakan WMI untuk berkomunikasi dengan perangkat dan mengumpulkan informasi. ScanWin mendukung Windows Management Instrumentation dan Windows Management Infrastructure versi lebih baru. Secara default, AIT menggunakan Windows Management Instrumentation. Penggunaan Windows Management Infrastructure dapat dipaksakan jika diinginkan melalui perubahan konfigurasi, meskipun tidak disarankan.

AIT dapat menggunakan kredensial pengguna yang digunakan untuk masuk (autentikasi terintegrasi) untuk mengakses Active Directory dan perangkat pemindaian, atau kredensial dapat diberikan untuk akun pengguna alternatif. Kredensial dapat diberikan secara langsung saat menjalankan aplikasi, dengan dukungan penuh untuk Secure Credentials Utility (Utilitas Kredensial Aman) saat membuat skrip pelaksanaan, sehingga nama pengguna dan kata sandi dienkripsi pada baris perintah atau skrip batch.

AIT dapat memindai beberapa perangkat secara bersamaan (15 secara default), dengan jumlah sambungan bersamaan yang dapat dikonfigurasi dalam AIT.exe. config file (file konfigurasi AIT.exe.). Beberapa sambungan bersamaan mengurangi waktu keseluruhan yang diperlukan untuk memindai beberapa perangkat.

Umumnya, bila menggunakan Ad Hoc Agentless Inventory Scan (Pemindaian Inventaris Tanpa Agen Ad Hoc), Anda harus sering menjalankan pemindaian untuk memastikan semua perangkat telah tercakup. AIT dapat dikonfigurasikan agar berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan menggunakan Windows Task Scheduler (Penjadwal Tugas Windows) dan inventarisasi ulang perangkat tidak akan terjadi hingga jadwal pemindaian berikutnya (7 hari secara default), sehingga akan mengurangi beban pada perangkat dan jaringan.

Jika menggunakan metode pemindaian Active Directory, AIT akan memfilter perangkat berdasarkan tanggal masuk terakhir, hanya mencakup perangkat yang telah masuk ke jaringan dengan jumlah hari tertentu (45 secara default), untuk memastikan hanya perangkat aktif yang disertakan. Selain itu, AIT hanya dapat menyertakan sebagian perangkat dengan menentukan OU (Organizational Unit) yang akan digunakan sebagai jalur pencarian sumber. Tindakan ini hanya akan mencakup perangkat dalam OU yang ditentukan dan OU turunannya.

AIT Windows Client menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk menjelajahi data inventaris perangkat yang dikumpulkan. Klien Windows akan menampilkan daftar perangkat, waktu terakhir dipindai, beserta data inventaris lengkapnya. Semua perangkat yang tidak dapat dipindai, misalnya karena kredensial salah, juga akan dicantumkan, beserta kesalahan yang terjadi. Pemindaian inventaris tanpa agen ad hoc dapat dimulai secara langsung dari antarmuka Windows, yang akan menjalankan aplikasi konsol AIT di latar belakang.

Bila menggunakan AIT sebagai pemindai jaringan melalui skrip masuk, setiap perangkat akan menampilkan file inventaris terpisah di lokasi folder pusat. File dapat diimpor ke dalam penyimpanan data AIT pusat, baik dari antarmuka AIT Windows, atau dengan menjalankan aplikasi konsol AIT.

Data yang telah dikumpulkan AIT dapat diekspor ke format XLSX yang dapat digunakan secara langsung oleh solusi pihak ketiga lainnya.