Autodesk License ManagementAutodesk Inventory Tool (Indonesian - bahasa)Scan Methods (Metode Pindai)Logon / Startup Script Scan Setup (Konfigurasi Pemindaian Skrip Masuk/Pengaktifan)

Logon / Startup Script Scan Setup (Konfigurasi Pemindaian Skrip Masuk/Pengaktifan)

Dengan menginstal dan mengonfigurasi di lokasi yang dapat diakses secara terpusat, Autodesk Inventory Tool dapat dijalankan sebagai bagian dari skrip masuk pengguna atau skrip pengaktifan perangkat. Dalam mode ini, AIT akan menginventaris perangkat lokal dan menyimpan hasilnya ke lokasi pusat, dengan satu file penyimpanan data per perangkat. Penyimpanan data perangkat terpisah ini akan dapat diimpor ke instans AIT. AIT hanya akan menginventaris perangkat jika belum dipindai, atau pemindaian ulang akan dilakukan.

Tindakan ini memiliki manfaat yang tidak dibatasi oleh firewall perangkat dan akan berjalan dengan kredensial lokal pengguna yang digunakan untuk masuk. Diperlukan Microsoft .NET Framework v4.5.2 atau versi lebih baru terinstal di setiap perangkat yang akan menjalankan AIT.

Bagian berikut menjelaskan tentang cara menggunakan AIT agar melakukan pemindaian inventaris melalui skrip masuk. Fungsi ini mencakup konfigurasi dasar untuk lingkungan kecil, perencanaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk jaringan multi-situs yang lebih besar.

Pada server yang dapat diakses secara terpusat, buat folder untuk menyimpan AIT dan folder untuk menyimpan data yang dikumpulkan, misalnya:

  • C:\AIT: Folder sumber yang akan dibagikan (Hanya Baca)
  • C:\AIT\AIT: Folder untuk menyimpan file aplikasi AIT (Hanya Baca)
  • C:\AIT\Data: Folder untuk menyimpan file data yang dikumpulkan (Baca dan Tulis)

Atur izin pada folder sumber agar Authenticated Users (Pengguna Terautentikasi) memiliki izin Read & execute (Membaca & menjalankan)List folder contents (Mendaftarkan konten folder), dan Read (Membaca), lalu terapkan pada subfolder dan file:

Atur izin pada folder Data agar grup Authenticated Users (Pengguna Terautentikasi) memiliki izin Modify (Memodifikasi)Read & execute (Membaca & menjalankan)List folder contents (Mendaftarkan konten folder)Read (Membaca), dan Write (Menulis):

Bagikan folder sumber dan tambahkan Authenticated Users (Pengguna Terautentikasi) ke izin bersama, dengan memberikan izin Change (Mengubah) dan Read (Membaca):

Bila dikombinasikan dengan izin folder, tindakan ini akan memberi pengguna terautentikasi hak hanya baca ke bagian tersebut dan aplikasi AIT, serta izin baca/tulis ke folder data, sehingga file penyimpanan data dapat dibuat dan diperbarui saat pengguna masuk.

\\SERVER01\AIT                                 Folder sumber membagikan akses hanya baca 

\\SERVER01\AIT\AIT                       Aplikasi AIT dalam bagian akses hanya baca 

\\SERVER01\AIT\Data                    Folder data dalam bagian akses baca/tulis 

Salin konten folder Autodesk Inventory Tool dari C:\Program Files (x86)\Autodesk\Autodesk Inventory Tool\ ke dalam folder C:\AIT\AIT bersama:

Seharusnya tersedia tepat 51 file setelah selesai menyalin.

Dengan menggunakan editor teks seperti Notepad, edit AIT.exe.config dalam folder AIT, lalu buat perubahan berikut:

  • DataStorePath: Atur jalur UNC ke folder data dalam bagian untuk memastikan terdapat jejak ‘\’.
  • PerComputerDataStore: Atur ke True (Benar), agar setiap perangkat yang menjalankan ScanWin menyimpan ke penyimpanan data terpisah di DataStorePath.

Misalnya:

      <setting name="DataStorePath" serializeAs="String">

        <value>\\SERVER01\AIT\Data\</value>

      </setting>

      <setting name="PerComputerDataStore" serializeAs="String">

        <value>True</value>

      </setting>

Dari mesin jarak jauh, jalankan AIT dari folder aplikasi AIT dari dalam bagian dengan parameter "/c localhost /fp /lu /rp /sl" untuk memindai komputer lokal, misalnya:

<p>\\SERVER01\AIT\AIT.exe /c localhost /fp /lu /rp /sl</p>
Click to copy

Pastikan ScanWin dijalankan dengan benar dan menyimpan hasil dalam folder Data dalam bagian. Jika tidak ada hasil yang muncul dalam folder Data, pastikan izin diatur dengan benar.

File batch harus digunakan untuk menjalankan AIT yang akan ditarik oleh skrip masuk atau akan menjadi skrip masuk secara otomatis. Berikut adalah skrip yang disarankan untuk digunakan:

<p>@ECHO OFF
REM Batch script to start Autodesk Inventory Tool to scan the local machine
Title Autodesk Inventory Tool

REM Set the path to the Autodesk Inventory Tool directory share
SET AIT_DIR="\\SERVER01\AIT"

REM Only run if .NET Framework 4.5.2 or later is installed
REG QUERY "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\.NETFramework\v4.0.30319\SKUs\.NETFramework,Version=v4.5.2" 2&gt;nul
IF ERRORLEVEL 1 (
    GOTO DOTNETNOTINSTALLED
) ELSE (
    GOTO DOTNETINSTALLED
)

:DOTNETINSTALLED
REM Execute Autodesk Inventory Tool to perform a scan of the local machine
IF DEFINED COMPUTERNAME (
REM Use the actual computer name when available
START "AIT Local Scan" /B /D "%AIT_DIR%\AIT" "AIT.exe" /c %COMPUTERNAME% /o "%AIT_DIR%\Data\%COMPUTERNAME%" /fp /lu /rp /sl
) ELSE (
REM If not, use localhost to identify the local machine
START "AIT Local Scan" /B /D "%AIT_DIR%\AIT" "AIT.exe" /c localhost /fp /lu /rp /sl
)
EXIT

:DOTNETNOTINSTALLED
REM .NET Framework 4.5.2 is not installed, create a log file to indicate this
IF DEFINED COMPUTERNAME (
ECHO %COMPUTERNAME% does not have .NET Framework 4.5.2 installed &gt; "%AIT_DIR%\Data\%COMPUTERNAME%.LOG"
)
EXIT</p>
Click to copy

Salinan skrip di atas dapat diunduh di sini.

Variabel AIT_DIR harus dimodifikasi ke titik ke bagian tempat data dan file log akan ditulis. Misalnya:

SET AIT_DIR="\\ACMEDC01\AIT"

Skrip di atas dapat disalin ke dalam bagian NETLOGON untuk domain tersebut atau ditempatkan dalam folder AIT bersama. Jika menyalin ke bagian NETLOGON untuk domain tersebut, salin skrip batch ke:

C:\Windows\SYSVOL\sysvol\<domain>\scripts

Untuk pengujian berjalan sebagai bagian dari skrip masuk, tarik skrip batch ini dari skrip masuk yang ada, atau jika saat ini tidak ada skrip masuk, untuk pengguna pengujian, masukkan nama skrip batch dalam bidang Logon script (Skrip masuk) untuk pengguna:

Setelah diuji, skrip dapat disebarkan ke semua pengguna yang relevan dengan mengubah setiap Profile (Profil) pengguna dalam Active Directory Users and Computers (Pengguna dan Komputer Active Directory) menggunakan petunjuk di atas atau dapat disebarkan melalui Group Policy (Kebijakan Grup). Petunjuk untuk menggunakan Group Policy (Kebijakan Grup) tercakup di bawah ini.

Mengonfigurasi untuk Penggunaan Kebijakan Grup

Buka konsol Group Policy Management (Manajemen Kebijakan Grup) dari Control Panel (Panel Kontrol) > System and Security (Sistem dan Keamanan) > Administrative Tools (Alat Bantu Administratif)

Perluas pokok Domain, klik kanan domain atau nama OU, lalu pilih Create a GPO in this domain and Link it here (Buat GPO di domain ini, lalu Tautkan di sini)...

Dalam kotak dialog New GPO (GPO Baru), beri GPO nama deskriptif, lalu klik OK

Cari GPO baru di pokok Domain (dalam domain atau OU yang dipilih di atas), klik kanan, lalu pilih Edit

Kini Anda harus menentukan jika Anda perlu menggunakan Logon Script (Skrip Masuk) atau Startup Script (Skrip Pengaktifan):

  • Jika pengguna akhir Anda memiliki hak istimewa administratif ke PC lokal mereka, gunakan Logon Script (Skrip Masuk)
  • Jika pengguna akhir Anda tidak memiliki hak istimewa administratif ke PC lokal mereka, gunakan Startup Script (Skrip Pengaktifan)
Mengonfigurasi Skrip Masuk

Dalam Group Policy Management Editor (Editor Manajemen Kebijakan Grup), navigasikan ke User Configuration (Konfigurasi Pengguna) > Policies (Kebijakan) > Windows Settings (Pengaturan Windows) > Scripts (Logon/Logoff) (Skrip (Masuk/Keluar)), lalu klik dua kali Logon (Masuk) di panel kanan

Di jendela Logon Properties (Properti Masuk), klik Show Files (Tampilkan File)...

Salin skrip batch AIT_Network.cmd ke dalam folder, lalu tutup jendela

Di jendela Logon Properties (Properti Masuk), klik Add (Tambahkan)...

Klik Browse (Telusuri) untuk membuka direktori skrip masuk, pilih skrip batch AIT_Network.cmd, lalu klik OK

Pastikan kini skrip ditampilkan dalam daftar di jendela Logon Properties (Properti Masuk), lalu klik OK

Tutup jendela Group Policy Management Editor (Editor Manajemen Kebijakan Grup) untuk GPO Anda, lalu tutup jendela Group Policy Management (Manajemen Kebijakan Grup)

Mengonfigurasi Skrip Pengaktifan

Dalam Group Policy Management Editor (Editor Manajemen Kebijakan Grup), navigasikan ke Computer Configuration (Konfigurasi Komputer) > Policies (Kebijakan) > Windows Settings (Pengaturan Windows) > Scripts (Startup/Shutdown) (Skrip (Pengaktifan/Penonaktifan)), lalu klik dua kali Startup (Pengaktifan) di panel kanan

Di jendela Startup Properties (Properti Pengaktifan), klik Show Files (Tampilkan File)...

Salin skrip batch AIT_Network.cmd ke dalam folder, lalu tutup jendela

Di jendela Startup Properties (Properti Pengaktifan), klik Add (Tambahkan)...

Klik Browse (Telusuri) untuk membuka direktori skrip pengaktifan, pilih skrip batch AIT_Network.cmd, lalu klik OK

Pastikan kini skrip ditampilkan dalam daftar di jendela Startup Properties (Properti Pengaktifan), lalu klik OK

Tutup jendela Group Policy Management Editor (Editor Manajemen Kebijakan Grup) untuk GPO Anda, lalu tutup jendela Group Policy Management (Manajemen Kebijakan Grup)

 

Setelah semua PC telah diinventarisasi, klik dua kali pintasan Autodesk Inventory Tool yang terdapat di desktop, lalu impor hasil dari bagian Data menggunakan langkah-langkah yang tercakup di bagian Importing Data Stores (Mengimpor Penyimpanan Data).